Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, February 27, 2021

Dibalik tampilan baru dan pangkalan data tanaman Taman Kupu-kupu Sukardi

February 27, 2021 0

Ada yang baru dari website Taman kupu-kupu sukardi! iya nama domain dan tamplate yang berubah drastis. Dahulu masih gratisan dengan nama tamankupusukardi.blogspot.com dengan tamplate dari sora tamplet didominasi warna gelap. Tercatat saya membuat weblog ini bulan Maret 2020. Bulan Februari ini berbenah. warna template berubah cerah dan nama domain sudah top level domain (TLD) di tamankupukupusukardi.my.id.


Perubahan ini dilandasi pergeseran fungsi sumber informasi. Sebagai tempat konservasi kupu-kupu dengan mengedepankan fungsi edukasi biologi, ketersediaan informasi tanaman dan tumbuhan yang ada menjadi vital. Awalnya kami mendesain pengunjung sebagai peneliti di alam liar, untuk identifikasi tanaman dan hewan menggunakan aplikasi yang familiar bagi peneliti. kami menyarankan aplikasi plantnet untuk identifikasi tanaman dan leps.fieldguide untuk identifikasi jenis kupu-kupu, namun dua aplikasi tersebut  masih asing di mata pengunjung. Malah pengunjung lebih banyak bertanya nama tanaman ketimbang menggunakan aplikasi, sehingga kurang berhasil seperti desain awalnya. 

Berkaca dari kejadian di lapangan, kami ingin menggeser penyediaan informasi menggunakan QR code. Nama tanaman dipasang di tanaman dan jika pengunjung ingin informasi lebih detail tentang informasi tanaman tersebut, pengunjung tinggal scan kode QR yang terdapat di nama tanaman. Kode QR berisi url ke situs yang berisi data tanaman mulai dari deskripsi, manfaat, klasifikasi ilmiah dan lain-lain. Tentu kami membutuhkan website yang representatif untuk kebutuhan ini.

Source: Harianjogja.com


Engine website sendiri tidak berubah, masih tetap blogspot. Hanya template dan nama domain yang berubah. Tamplate kami beralih ke produk lokal Tangerang, yaitu Dunia Blanter. Tampilan tamplete dipilih lebih clean dan cerah. Untuk domain kami memilih Exabytes, karena promonya dan ragam metode pembayarannya sih.

Pangkalan data Tanaman dan Hewan

Pengerjaan pangkalan data tanaman sudah dilakukan mulai tanggal 14 Februari sampai 25 Februari. Setidaknya ada lebih dari 40 tanaman terdata. Kami membagi tanaman ke dalam tiga fungsi yaitu tanaman nektar, tanaman inang, dan tanaman pendukung. Informasi tanaman sendiri terdiri atas Deskripsi singkat, Manfaat tanaman, Habitat, Syarat Iklim, Fungsi, Katagori (Annual, Bianeal, Paraneal), dan Klasifikasi Ilmiah. 

Dalam pengerjaan pangkalan data ini, saya sendiri baru tahu bahwa berbagai jenis tanaman yang ditanam dalam taman itu memiliki manfaat kesehatan. Anda dapat menelusur kahsiat tanaman berdasarkan nama penyakit. Nanti akan kluar tanaman yang memiliki khasiat mengobati penyakit tersebut. 

Panggalan data untuk hawan terdiri atas dua katagori, yaitu kupu-kupu itu sendiri dan hewan pradator bagi kupu-kupu. Data dari hewan ini masih dalam tahap pengerjaan. Untuk informasinya sendiri terdiri atas Deskripsi singkat, Manfaat, Habitat, Cara Berkembang biak, Jenis Makanan, Katagori, dan Klasifikasi Ilmiah.

---

Demikianlah cerita sabtu ini, semoga bermanfaat.

Thursday, February 18, 2021

Memanfaatkan Pekarangan Untuk Tanaman Obat Keluarga

February 18, 2021 0

Memanfaatkan Pekarangan Untuk Tanaman Obat Keluarga

Ahmad Yunus


Pandemi Covid 19 yang memaksa sebagian besar waktu manusia untuk dirumah saja, mendorong orang untuk mencari hobi baru. Hobi baru yang dapat membunuh Rasa jenuh tapi tetap dapat dilakukan di rumah saja. Salah satu hobi yang booming selama pandemi ini adalah kegiatan berkebun dengan memanfaatkan lahan pekarangan. 

Mengingat gaya hidup back to nature yang bergema belakangan ini, dengan preferensi masyarakat lebih memilih bahan-bahan alami daripada produk kimia. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menyatakan bahwa dibandingkan obat modern, obat tradisional memiliki kelebihan berupa efek samping yang relatif kecil, dan komponen dalam satu bahan memiliki efek yang saling mendukung. Ngetrend lagi lah obat herbal di masyarakat kita dewasa ini. Apalagi sejak pandemi, penjual empon-empon juga ikut naik trending di media Massa dan media sosial. Tidak ada salahnya kalau anda mulai menanam tanaman obat di pekerangan rumah untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi ini. 

Tanaman obat keluarga atau biasa disingkat TOGA, dapat dijadikan pilihan karena bermanfaat untuk pengobatan. Tumbuhan ini biasanya digunakan sebagai pengobatan untuk pertolongan pertama seperti batuk, diare, dan demam. Sebagian jenis tanaman TOGA yang sudah banyak dibudidayakan ini mudah perawatannya.

Apa itu tanaman Obat keluarga?

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) menurut Susi Mindarti dan Bebet Nurbaeti dalam Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA), pada hakekatnya adalah tanaman berkhasiat yang ditanam di lahan pekarangan yang dikelola oleh keluarga. Ditanam dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan tradisional yang dapat dibuat sendiri.

Manfaat TOGA menurut Susi Mindarti dan Bebet Nurbaeti adalah untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupan, termasuk keperluan mengatasi masalah kesehatan secara tradisional (Obat). Pada dasarnya bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alami, khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat.

Salah satu fungsi TOGA adalah sebagai sarana untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya-upaya kesehatan masyarakat yang antara lain meliputi: Upaya preventif (pencegahan), Upaya promotif (meningkatkan / menjaga kesehatan), dan  Upaya kuratif (penyembuhan penyakit).

Lihat juga

Tanah sepetak, sayur sebaskom, dan ikan segentong: cara mudah bertanam di lahan sempit

Ceritanya mulai Berkebun

Pekarangan untuk Tanaman Obat Keluarga

Pemanfaatan pekarangan dengan berkebun mempunyai banyak keuntungan dari segi ekonomi. Terutama dalam meningkatan pendapatan keluarga misalnya sebagai warung hidup, lumbung hidup, apotek hidup, sehingga perlu dikembangkan secara intensif. Kenyataan saat ini, harga obat yang beredar di pasaran sangat tinggi dan lebih sering lagi dokter tidak ada, khususnya di daerah pedalaman yang minim akses transportasinya. Oleh karena itu penyediaan tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal di pekarangan sangat membantu keluarga mengatasi masalah kesehatan.

Khususnya di Indonesia, TOGA atau dikenal juga dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya berukuran kecil. Pupuk untuk merangsang pertumbuhan TOGA dapat menggunakan sampah organik yang dihasilkan rumah tangga dengan mengolahnya terlebih dulu menjadi pupuk kompos.



Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya TOGA di lahan perkarangan adalah lahan pekarangan biasanya memiliki luas lahan terbatas dan mempunyai sifat berbeda dengan kebun atau ladang. Suaibatul Aslamiah dkk, dalam jurnal PengabdianMu, menekankan jenis tanaman obat sebaiknya dipilih yang penting dan bermanfaat, juga harus memperhatikan faktor keindahan serta memperhatikan kondisi halaman, kontur tanah, mudah dibudidayakan, tidak menyita tempat, dan bentuk serta adanya pohon atau bangunan lain.

Faktor paling penting dalam mengatur lahan untuk tanaman obat, menurut  Suaibatul Aslamiah dkk, adalah memperhatikan keindahan, tidak merusak atau mengganggu pemandangan, juga harus diperhatikan keberadaan elemen taman lain (pohon peneduh atau tanaman hias lain, kandang ternak, tiang bendera, lampu penerang jalan, jalan setapak, kolam ikan dan lain-lain).

Aseptianova dalam Jurnal Batoboh mengatakan bahwa bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat di antaranya adalah bagian buah, batang, daun dan akar atau umbi. Daftar tanaman berikut dapat anda jadikan pilihan untuk ditanam sebagai TOGA di pekarangan rumah anda. 


Nama tanaman

Khasiat dan kegunaan :

Jahe Merah

(Zingiber officinale)

1. Sakit kepala karena dingin: Diparut untuk diborehkan pada tengkuk.

2. Perut mulas: 3 rimpang jahe merah dicuci, diparut dan diperas air perasan kasih garam sedikit diminum 3 kali sehari 1 sendok teh.

3. Air liur terlalu banyak: Mengunyah daun muda.

4. Urat syaraf lemah: Air jahe, kuning telur, madu, air jeruk nipis dicampur lalu minum.

5. Luka-luka berbau busuk: Kompres parutan jahe dengan garam

6. Terkilir: Diurut parutan jahe dengan garam

Kencur

(Kaempferia galanga)

1. Batuk: Mengunyah rimpang kencur dengan garam.

2. Radang lambung: Kencur, kapulogo, bawang merah, beras ditumbuk kemudian direbus saring airnya minum.

3. Muntah-muntah: Air perasan kencur ditambah garam sedikit minum.

4. Rimpangnya untuk menyembuhkan batuk dan keluarnya dahak, menghilangkan rasa sakit, masuk angin, bengkak atau luka, menguatkan pencernaan, merangsang napsu makan, anti muntah.

Kunyit

(Curcuma longa Linn)

1. Radang usus buntu dan radang rahim: Air perasan umbi

2. Radang amandel: Air perasan kunyit, kuning telor, kapur sirih.

3. Asma: Air perasan kunyit, isi buah pinang, kapur sirih dan madu.

4. Sembelit: Air perasan rimpang dan garam.

Lengkuas

(Alpinia galangal)

1. Anti rematik, pegal linu (rimpang)

2. Masuk angina (rimpang)

3. Menguatkan / radang lambung (rimpang)

4. Radang anak telinga (air perasan)

5. Batuk rejan (rimpang)

Serai

(Cymbopogon citratus)

1. Nyeri lambung

2. Bahan baku minyak atsiri (parfum)

3. Gatal-gatal (minyak)

4. Pegal-pegal (batang, daun)

5. Penyegar masakan (batang, daun)

Salam

(Syzygium polyanthum)

1. Mengobati diare

2. K e n c i n g manis

3. Sakit maag

4. Mabuk akibat alkohol

5. Kudis dan gatal

6. Penurun darah tinggi

K a t u k

(Sauropus androgynous)

1. Merangsang ASI (daun)

2. Peluruh kencing (daun)

3. Membersihkan darah (daun)

4. Patek/kutil (daun)

Sambiloto

(Andrographis paniculata)

1. Kencing manis (seluruh bagian tanaman)

2. Anti malaria (seluruh bagian tanaman).

3. Anti syphilis (seluruh bagian tanaman).

4. Penguat lambung (seluruh bagTanaman).

5. Membersihkan darah, semua radang

6. Tifus.

Sirih Merah

(Piper ornatum)

1.      Sebagai antiseptic,

2.       Mengobati stroke,

3.       Batu ginjal,

4.       Radang prostat,

5.       Nyeri sendi,

6.       Hepatitis,

7.       Diabetes,

8.       Asam urat,

9.       Kolestrol,

10.   Batuk,

11.   Keputihan,

12.   Radang mata,

13.   Maag,

14.   Memperhalus

kulit.

Temulawak

(Curcuma xanthorrhiza )

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan. Temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan.

2. Mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi degeneratif, di mana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku.

3. Mencegah serta membantu pengobatan kanker

4. Obat antiradang. Temulawak mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan.

5. Antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri dalam temulawak memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

6. Obat jerawat. Dalam dunia kecantikan, temulawak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat.

7. Menjaga kesehatan liver. Temulawak merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan hati.

8. Obat diuretic. Diuretik merupakan zat yang membantu membersihkan tubuh dari garam (natrium) dan air, sehingga tak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh.

9. Antispasmodik. antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos.

Lidah Buaya

(Aloe vera)

1. Mengobati Luka Bakar. Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit.

2. Meredakan GERD. Gastroesophageal reflux (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang sering mengakibatkan mual, muntah, atau rasa terbakar pada ulu hati.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah. Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2.

4. Mengurangi Plak Gigi. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

3 dari 6 halaman

5. Menangani Sariawan. Studi membuktikan bahwa penggunaan lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan ukuran sariawan. Selain itu, lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa akibat sariawan.

6. Memperlambat Penuaan Kulit

7. Mengatasi Jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antibakterial sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit.

8. Berpotensi Melawan Kanker Payudara

9. Mengatasi Kerontokan Rambut. Penggunaan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengatasi masalah Kerontokan Rambut

10. Melancarkan Pencernaan. Kandungan aloin atau barbaloin di dalam lidah buaya memiliki efek pencahar alami.


Tanaman obat  tidak hanya sengaja ditanam masyarakat namun juga sering kali hanya tumbuh liar di sekitar rumah atau jalan-jalan. Tanaman obat banyak terdapat disekitar rumah dan sering kali tidak disadari oleh kita. Sering-sering lah perhatikan tanaman di sekitar anda dan cari tahu lewat gawai anda tentang tanaman tersebut, siapa tahu tanaman tersebut memiliki khasiat sebagai obat.

Sebagai informasi tambahan, dari sekitar 30 ribu spesies tumbuhan yang ada di kepulauan Indonesia, diperkirakan 9.600 spesies adalah tumbuhan obat, namun baru sekitar 300 spesies yang dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Luar biasa bukan potensinya?


Referensi

Aseptianova. PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA UNTUK PENGOBATAN KELUARGA DI KELURAHAN KEBUN BUNGA KECAMATAN SUKARAMI-KOTA PALEMBANG. Jurnal Batoboh, Vol 4 , No 1, Maret 2019, pp. 1-25.

Aslamiah, Suaibatul, et al. "Peningkatan Kesehatan Masyarakat melalui Pemberdayaan Wanita dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)." PengabdianMu, vol. 2, no. 2, 2017, pp. 111-117.

Mindarti, Susi dan Bebet Nurbaeti. 2015. Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tt. BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) JAWA BARAT



Wednesday, February 10, 2021

Mewujudkan Ide Membangun Playground dari Ban Bekas

February 10, 2021 0

Mewujudkan Ide Membangun Playground dari Ban Bekas

Ahmad Yunus



Hari ini anak-anak semakin kekurangan lahan untuk bermain. Berbeda dengan zaman saya kecil yang tersedia banyak tanah lapang untuk bermain outdor dengan memainkan berbagai macam permainan tradisional seperti gobak sodor, engklek, dan lain-lain. Minimnya lahan bermain anak membuat mereka lebih diasyikan dengan gadget yang berpengaruh pada kemampuan motoriknya. 

Dikutip dari parenting.co.id Fenomena anak dengan kemampuan motorik lemah mulai terjadi belakangan, ketika penggunaan gadget mulai mewabah hingga ke anak-anak batita sekalipun. Misalnya saja, semakin banyak anak usia TK yang bahkan belum mampu memegang pensil dengan benar, atau anak SD kelas 3 yang tulisan tangannya masih jelek. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di sekolah-sekolah di Inggris, banyak pula anak yang mengalami keterlambatan berbicara atau kemampuan berbahasa yang kurang atau cadel akibat penggunaan gadget yang berlebihan.

Keterampilan motorik sendiri ada dua macam, yaitu keterampilan motorik halus (Fine Motor Skill) dan keterampilan motorik kasar (Gross Motor Skill). Kemampuan motorik halus, seperti yang dikutip dari situs productivemamas.com, merupakan kemampuan mengkoordinasi gerakan otot kecil  dari anggota tubuh yang melibatkan jari kaki, jari tangan, pergerakan mulut dengan koordinasi mata. Contoh dari kegiatan ini adalah menulis, menggunting, merobek kertas, dan bermain musik. Menstimulasi keterampilan ini dapat berguna untuk memacu anak menekuni bidang seperti art atau musik. 

Berbeda dengan keterampilan motorik halus, Keterampilan motorik kasar lebih menekankan kepada  kemampuan mengkoordinasi gerakan otot besar di keseluruhan anggota tubuh, terutama tangan dan kaki. Keterampilan Motorik kasar, seperti yang dikutip dari situs productivemamas.com, merupakan keterampilan untuk merangkak, berdiri, berlari, berjalan, melempar, atau bisa dibilang kemampuan fisik. Keterampilan motorik kasar ini dapat membantu anak agar cepat mandiri dan mendorong anak menemukan bakat dari keterampilan fisiknya. Untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar, anak diarahkan pada kegiatan yang menggerakkan seluruh tubuh terutama lengan dan tungkai. Permainan dan olahraga secara berkelompok atau massal adalah kegiatan yang banyak direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

Dampak lain keterbatasan lapangan untuk bermain anak-anaik selain kecanduan gadget, adalah anak-anak memanfaatkan tempat yang tidak semestinya untuk bermain. Bermain di jalan kampung atau perumahan adalah contohnya, bermain di lokasi ini membuat anak-anak riskan tertabrak oleh kendaraan yang lalu lalang. Ada juga yang bermain di tempat lebih berbahaya seperti bantaran sungai, bukan satu dua berita kasus anak-anak hilang dan meninggal terseret arus sungai saat bermain. 

Eksekusi Membangun Playground dari Ban Bekas

Berangkat dari kondisi tersebut saya tergerak untuk membuat playground atau lapangan bermain yang ramah untuk anak-anak. Tidak hanya ramah anak, tapi juga ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah ban bekas dan disulap jadi wahana bermain anak.

Syarat utama untuk membuat playground adalah lahan, saya memanfaatkan ruang  lapang di Taman Kupu-kupu Sukardi yang berlokasi di Desa Gintung Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang.  Playground yang dikembangkan di taman kupu-kupu Sukardi mengambil tema hewan. Selaras dengan konsep konservasi yang kami gaungkan, sebagai bentuk kepedulian atas lingkungan, maka saya memilih menggunakan material dari bahan bekas. 

Ban bekas dipilih sebagai material utama karena tersedia di sekitar kami. Sebagiannya didapat dengan meminta kepada bengkel dan sebagian lagi dengan cara membeli. Ban bekas, jika diolah dengan terampil dapat menjadi wahana bermain menarik di playground. Untuk warna sendiri di pilih warna-warna terang karena akan memancing ketertarikan anak.

Bicara soal pendanaan, pembangunan playground tidak menggunakan dana hibah dari pemerintah. Dana yang digunakan murni dari kantong pribadi dan donasi dari masyarakat. Untuk mendukung pembangunan playground ini, saya membuka donasi online lewat situs kitabisa.com.

Saat ini sudah berhasil membuat tiga wahana bermain anak memamfaatkan ban bekas dengan dana yang terkumpul lewat donasi online.  Tiga sarana bermain dari pembangunan playgorund tahap pertama adalah halang rintang dari ban bekas, tempat duduk berbentuk hewan Jerapah dan Zebra, serta  jungkat jungkit besar. 

Rencananya bulan maret kami akan menambahkan empat fasilitas dan wahana bermain anak. Adapun rencana global penambahan fasilitas  adalah Pembuatan ayunan dari ban bekas, Pembuatan lapangan Engklek, Mainan keseimbangan berbentuk kuda dari ban bekas, Tempat duduk hewan siput dari ban bekas. Ayo dukung kami dengan berdonasi di proyek playground Taman Kupu-kupu Sukardi. Kami masih menerima Donasi secara online via Kitabisa.com/tamankupu2sukardi.

Sunday, February 7, 2021

Bunga Telang, si biru cantik untuk hiasan pagar

February 07, 2021 1

Kembang atau bunga telang adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang atau ungu. 



Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Habitat bunga telang adalah tumbuhan tropika dataran rendah lembab dan agak lembab. Bunga telang dapat beradaptasi dengan baik pada kisaran tanah berpasir maupun tanah liat, tahan terhadap kekeringan, salinitas dan mampu berkompetisi dengan baik terhadap gulma.

Bunga telang memiliki nama latin Clitoria ternatea, pada beberapa tempat bunga tersebut memiliki beberapa nama khas diantaranya yaitu bunga biru (melayu), kembang teleng (jawa), bunga talang (makasar), temen raleng (bugis), bisi (halmahera) dan sajamagulele (ternate). 

Cara Budidaya bunga Telang

Bunga telang berkembang biak lewat biji. Cara menanam bunga telang dapat dilakukan dengan metode termudah, yaitu dengan menabur biji. Biji disemai atau langsung disebar ke lahan yang akan digunakan untuk pertanaman bunga telang. Selain langsung ke tanah, dewasa ini banyak juga yang menggunakan polybag sebagai  media penyemaian bunga telang.

Dalam proses pertumbuhan ini sebaiknya menjaga tanah agar jangan sampai kekeringan. Sekitar 5 hari kemudian akan muncul perkecambahan. Bunga telang ini cepat sekali tumbuh, asalkan rajin untuk menyiraminya.

Untuk budidaya lebih lanjut, bibit bunga telang dapat dipindahkan ke tanah. Beri penyangga seperti pagar untuk rambatannya. Tanaman yang dalam bahasa inggris disebut Butterfly pea ini menyukai sinar matahari langsung. 

Kandungan Gizi Bunga Telang

Dikutip dari Situs Prodi Gizi Unida Bunga telang memiliki beberapa kandungan gizi fitokimia yang dapat memiliki manfaat bagi kesehatan selain itu bunga telang juga dapat dijadikan sebagai pewarna alami bagi makanan. Warna ungu pada bunga telang berasal dari pigmen antosianin. Senyawa antosianin banyak terkandung di bunga telang yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi dibandingkan dengan antosianin dari ekstrak bunga yang lain. 

Manfaat Bunga telang

Berikut adalah manfaat bunga telang bagi kesehatan seperti yang dikutip dari Situs Prodi Gizi Unida :

  1. Menstabilkan kadar gula darah bagi penderita diabetes milletus
  2. Menurunkan kadar kolestrol
  3. Sebagai agen antiinflamasi
  4. Menjaga Kesehatan Sel tubuh

Warna alamai bunga telang dapat di tambahkan pada bebarap jenis makanan sebagai alternative penggunaan pewarna makanan sintetik. Selain mempercantik makanan dan menambah nafsu makan, penambahan bunga telang dapat menambah kandungan zat gizi pada olahan makanan tersebut terutama kandungan antioksidan berupa flavonoid dan antosianin. Konsumsi antioksidan dari makanan memberikan efek yaitu menangkal radikal bebas yang didalam tubuh.

Jual bibit bunga Telang

Untuk kamu yang butuh bibit bunga telang, kamu bisa beli lewat market place. Silahkan klik gambar marketplace favorit kamu:


 


Wednesday, January 27, 2021

Ruellia ungu, tanaman hias yang bandel dan mudah perawatan

January 27, 2021 0

Kalo anda ingin punya tanaman hias untuk pagar anda, dan anda malas ribet, maka tanaman Ruellia ungu bisa anda jadikan pilihan. Tanaman ini adalah tanaman yang tidak rewel, cukup tanam dan siram sampai tumbuh baik. Selain itu anda juga akan dapat bonus kunjungan dari kupu-kupu, karena bunga Ruellia ungu ini adalah bunga penarik kupu-kupu.

Ruellia ungu atau kadang disebut juga Rowlia Ungu  (Ruellia simplex) adalah salah satu tanaman berbunga ungu, merah jambu atau biru (ada juga yang berwarna putih) yang berasal dari keluarga Acanthaceae. Tanaman ruellia ini berasal dari Meksiko, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan. Meski demikian, Ruellia ungu di Indonesia dapat tumbuh dengan subur.

Tanaman yang dalam bahasa Indonesia ini disebut juga kencana ungu merupakan tanaman hias yang banyak ditanaman pada taman-taman tepi jalan. Ruellia ungu juga bermanfaat sebagai tanaman obat dan sebagai penutup tanah menyerupai rumput berbunga. perbanyakan tanaman ini cukup mudah,  bisa dari biji maupun stek batang. 

Ruellia Ungu merupakan jenis tanaman perennial hijau abadi yang dapat tumbuh tinggi sampai 91 cm. Tangkai-tangkai bunga berkumpul membentuk rangkaian dengan daun-daun berbentuk lanset. Daun-daun ini berukuran panjang 15-30 cm dan lebar 1,3-1,9 cm. Bunga ruellia ungu ini berbentuk terompet, berwarna biru metalik hingga ungu, memiliki petal berjumlah 5 dengan diameter bunga berukuran 7,6 cm. Bunga hanya bertahan satu hari, jika pagi mekar, sore harinya bunga akan gugur.

Tanaman Ruellia ini cocok sebagai tanaman hias dalam pot, atau tanaman pembatas. Si bunga ungu ini berbunga mulai dari musim semi hingga musim dingin. Tanaman ini membutuhkan iklim yang hangat dengan tanah yang berdrainase baik.

Kondisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan ruellia ungu ini adalah tanah dengan kelembaban menengah hingga kelembaban tinggi. 

Wednesday, January 20, 2021

Bunga Tasbih, si Pembatas yang cantik

January 20, 2021 0



Bunga tasbih adalah tanaman yang tergolong tanaman luar dengan nama latin Canna lily. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang mempesona.  Sebagai tanaman hias dia sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pembatas pagar, mirip seperti pohon pisang-pisangan.

Disebut bunga tasbih karena biji pohon ini berbentuk bulat dan banyak dimanfaatkan untuk membuat tasbih. Tasbih yang terbuat dari tanaman ini, merupakan tasbihan ramah lingkungan dibandingkan dengan tasbih yang diambil dari batang pohon, terutama pohon bakau yang ditebang secara liar.

Bunga kana atau bunga tasbih berasal dari daerah tropis benua Amerika. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini tumbuh besar, tegak, dengan tinggi mencapai dua meter. Tanaman ini memiliki rimpang tebal menyerupai ubi. Daunnya besar dan lebar, menyirip jelas. Warnanya hijau atau merah tengguli. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan. Kebetulan  bunga tasbih yang Nusfarm jual adalah bunga tasbih berwarna kuning.

Untuk memperbanyak bunga tasbih bisa dengan cara menanamnya dari biji. Cara lain yang paling tepat untuk memperbanyak bunga tasbih adalah dengan cara  mencabut gerombolan bunga tasbih (mereka tumbuhnya suka bergerombol), kemudian pisahkan bonggolnya dan bisa langsung tanam ditempat yang baru. Biasanya rendam dulu dua atau tiga hari di ember yang diisi air hingga mencapai batasan di atas umbinya (rhizomes), baru dipindahkan. 

Bunga tasbih menyukai sinar matahari dan tanah yang lembap kearah basah. Bunga ini juga cukup mudah, penting adalah penyiraman yang cukup karena menyukai tanah lembab karena basah. Untuk pemupukan bisa dipupuk setiap 1 bulan sekali.



---

Kami jual bibit cana indica (bunga tasbih), jika tertarik silahkan Beli Tanaman hias Bunga Tasbih di toko Mokla Nuansa Persada dengan harga murah meriah harga mulai dari Rp 8.000/batang. Silahkan pilih marketplace kesukaan anda.




Thursday, January 14, 2021

ProfilBisnis.biz.id, Sebuah Direktori Bisnis

January 14, 2021 0

Salah satu proyek pribadi yang saya buat saat pandemi covid-19 di penghujung tahun 2020 adalah situs profilbisnis.biz.id, sebuah direktori online yang memuat profil singkat usaha. 



Pandemi Covid-19 mengubah gaya hidup masyarakat di dunia. GlobalWebIndex melakukan survei terhadap 17,1 ribu responden yang tersebar di 20 negara mengenai perubahan tersebut. Sebanyak 46% dan 42% responden akan lebih sering belanja online dan olahraga di rumah. Datanya tersaji di bawah ini.

Peningkatan transaksi online semakin memicu jumlah konsumen online. Seiring dengan peningkatan jumlah konsumen online dari tahun ke tahun. Jumlah konsumen online diperkirakan mencapai 310 juta orang hingga akhir 2020. Angkanya diprediksikan meningkat menjadi 340 juta orang pada 2025. Angka tersebut meningkat dibandingkan 2019, yang sebesar 280 juta orang.

Sebagian besar transaksi online ditopang oleh Marketplace yang mengiming-imingin calon konsumen dengan berbagai promo dan diskon. Lalu ada juga lewat website pelaku usaha.


Profilbisnis.biz.id didirikan untuk mendukung pelaku usaha yang sudah go online, lebih khusus untuk yang menggunakan website sendiri dalam menjaring konsumen. Khususnya dalam ranah Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan proses untuk mengoptimalkan situs web supaya tampil lebih baik di halaman mesin pencari. Tentunya pelaku usaha ingin websitenya tampil dihalaman pertama bahkan di posisi paling atas mesin pencari Google, karena tampil di halaman pertama berpeluang besar untuk dikunjungi calon konsumen.


Selama aktivitas SEO masih berlangsung, maka selama itu pula backlink tetap diperlukan. Backlink adalah upaya untuk menunjang website agar cepat mendapatkan peringkat di mesin pencari. Backlink juga digunakan untuk mempertahankan posisi jika sebuah website telah mendapatkan tempat yang bagus di dalam hasil pencarian.


ProfilBisnis.biz.id adalah sebuah situs Direktori Bisnis online yang memuat profil usaha di Indonesia. ProfilBisnis.biz.id terbuka untuk pelaku usaha yang ingin profil bisnisnya tercantum dalam faftar kami dan mendapatkan Backling gratis ke situs bisnis yang anda kelola.


Jadi kalo anda punya website bisnis sendiri, silahkan daftarkan! Mumpung gratis.

Wednesday, January 13, 2021

Tanaman Herbal Kumis Kucing, si peluruh batu ginjal

January 13, 2021 0

 

Tanaman Kumis kucing (Orthosiphon aristatus ) termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit Disebut sebagai kumis kucing karena tanaman ini memiliki 'kumis' atau benang sari yang memanjang keluar dari bunga.

Perawatan tanaman ini cukup mudah, karena tumbuh liar di alam, cukup penyiraman sekali sehari dan pemupukan sebulan sekali. 



Syarat Iklim untuk tamanan Kumis Kucing 

1) Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari 3.000 mm/tahun.

2) Dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi. Naungan akan menurunkan kadar ekstrak daun.

3) Keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah panas sampai sedang.

Media Tanam yang baik untuk tanaman Kumis Kucing 

1) Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh di lahan-lahan pertanian, untuk produksi sebaiknya dipilih tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humus/bahan organik dengan tata air dan udara yang baik.

2) Tanah Andosol dan Latosol sangat baik untuk budidaya kumis kucing.

Pembiakan kumis kucing dapat dilakukan dengan cara merunduk.



Manfaat Tanaman Kumis kucing  bagi kesehatan

Kandungan nurtisi tanaman  kumis kucing antara lain mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Tidak semua bagian tanaman kumis kucing dapat digunakan menjadi obat, hanya bagian daunnya saja yang digunakan sebagai obat herbal. 

Adapun penyakit yang bisa diobati menggunakan tanaman kumis kucing adalah sebagai berikut:

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Pulau Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

3. Atasi Rematik

Cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat rematik cukup mudah. Langkah pertama, siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah itu, tuggu sampai dingin dan siap untuk diminum. Dosis yang dianjurkan adalah minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

4. Meredakan Batuk

Ternyata khasiat kumis kucing sangat banyak, salah satunya adalah dapat meredakan batuk. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuknya adalah dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

5. Mengobati Gusi Bengkak

Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatas dengan berkumur. Sehingga kalau ingin redakan gusi bengkak bisa lebih memudahkan atasi gusi bengkak.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seseorang dengan diabetes bisa mendapatkan khasiat kumis kucing. Kandungan kumis kucing bisa bermanfaat dan terbukti dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

8. Mengurangi Gatal Karena Alergi

Ketika tubuh gatal-gatal karena alergi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan konsumsi kumis kucing. 

9. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. 

10. Anti Jamur

Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.


---

Kami menjual bibit tanaman kumis kucing dengan harga bersaing. Kalo tertarik silahkan kunjungi toko Mokla Nuansa Persada di marketplace kesayangan anda. Harga bibit kumis kucing sangat bersaing mulai dari Rp. 2000/tanaman. 

Beli bibit tanaman kumis kucing sila klik gambar berikut:




Saturday, January 9, 2021

Staycation di Taman Kupu-kupu

January 09, 2021 0


Pandemi covid 19 yang menyebabkan perekonomian merosot, berimbas juga pada sektor pariwisata. Turunnya pendapatan yang membuat banyak orang harus berpikir dua kali untuk berlibur jarak jauh atau ke luar negeri. Terlebih lagi ribetnya urusan administrasi untuk keluar daerah atau keluar negeri di kala pandemi.

Pariwisata saat ini bergeser ke arah staycation. Dalam Cambridge Dictionary, staycation diartikan sebagai liburan yang dilakukan di rumah atau masih dekat dengan rumah, dibandingkan dengan liburan ke tempat yang jauh.  Liburan ini tidak harus menetap dalam rumah, tetapi juga termasuk berjalan-jalan di sekitar area tempat tinggal.

Staycation menjadi pilihan yang realistis saat ini. Orang-orang ingin tetap liburan dan berpetualang, tapi tidak keluar banyak budget.

Khusus warga Tangerang, salah satu lokasi wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk staycation. Yaitu Taman kupu-kupu Sukardi. Taman Kupu-kupu Sukardi sendiri merupakan taman penangkaran kupu-kupu yang terbuka untuk umum sebagai tempat ekowisata.

Di taman ini Kita bisa belajar mengenai daur hidup kehidupan kupu-kupu, atau yang lebih familiar kita dengar sebagai metamorfosis kupu-kupu. Mulai dari telur, ulat, kepompong, sampai menjadi kupu-kupu. Sangat cocok untuk keluarga. 

Bangunan penangkaran kupu-kupu terdiri dari dua bangunan utama, yaitu ruang Kepompong Dan taman penangkaran, kedua ruangan ini dihubungkan dengan lorong. Pada ruang Kepompong kita bisa melihat ulat dan kepompong kupu-kupu yang disimpan pada toples, selain itu di ruangan ini juga terdapat panel informasi mengenai kupu-kupu. Bangunan kedua adalah taman penangkaran tempat kupu-kupu terbang bebas dan hinggap di tanaman bunga, ada puluhan jenis tanaman yang tumbuh di taman ini, bagian belakang berisi pohon-pohon inang kupu-kupu, bagian belakang ini kita bisa melihat kupu-kupu bertelur dan ulat.

Jadi buat kamu-kamu yang masih bingung atau belum menentukan pilihan mau kemana liburan tahun baru ini, kamu bisa mampir ke taman kupu-kupu ini mumpung masih gratis sampai bulan Januari.

Saturday, December 26, 2020

Alasan Kenapa saya membangun Taman Konservasi Kupu-kupu

December 26, 2020 0

Kali ini saya ingin bercerita mengenai taman kupu-kupu Sukardi. Lebih tepatnya, Kenapa saya tergerak untuk membuat sebuah konservasi kupu-kupu yang kemudian dibuka menjadi ekowisata.

Latar belakang Kenapa saya membuat taman kupu-kupu Sukardi, bisa Anda lihat dan saksikan pada video berikut ini.