Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, March 26, 2022

Penghargaan Adalah Pengakuan

 


Penghargaan identik dengan prestasi. Di laman wikipedia disebutkan bahwa Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. Tapi apakah penghargaan diberikan hanya sebatas mencapai target tertentu?

Penghargaan bagi saya adalah sebuah pengakuan. Pengakuan atas capaian yang telah diraih. Bukan hanya karena berhasil meraih suatu prestasi, misalnya menang lomba, tapi juga atas pengabdian seseorang yang telah mendedikasikan waktunya pada pekerjaan yang telah dilakoninya.

Penghargaan diperlukan untuk mengingatkan dan meneguhkan kembali seseorang atas apa yang telah dilakukan dan dikerjakannya selama ini. Hal ini penting untuk mengurangi kejenuhan sesorang pada pekerjaannya. Serta merangsang agar orang itu terus berprestasi. Karena menghargai berarti memandang penting keberadaan orang tersebut dengan apa yang telah dikerjakan.

Semenjak dunia lockdown karena covid 19, saya memulai sesuatu yang baru: membuat taman konservasi kupu-kupu. Dari mulanya taman, kemudian menjadi tempat yang menelurkan berbagai aksi untuk alam. Dari taman ini kemudian lahir bank sampah Gintung Mesra dan pelatihan ecobrik.

Atas aksi-aksi yang mendorong pencegahan perubahan iklim tersebut saya masuk 10 besar Pejuang iklim Inspirasiku. Saya dilirik karena upaya Edukasi Lingkungan dengan Taman Mini.


Bagi saya penghargaan seperti ini adalah apresiasi yang melecut semangat. Terima kasih atas dukunga. Teman-teman semua.


Gintung  26 Maret 2021

No comments:

Post a Comment