Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Monday, March 7, 2022

Mengenal Tanaman Jarak Botol

Jarak botol atau kadang disebut juga Jarak Bali adalah tanaman herba dengan nama ilmiah Jatropha Podagrica. Jarak botol merupakan jenis herba abadi (perennial) berekor yang tumbuh setinggi 1 meter (3 kaki). Kenapa sering disebut jaeak botol? Ini karena Caudex berwarna abu-abu kehijauan, menonjol, dan bengkak memiliki penampilan seperti botol, sehingga memunculkan sebutan jarak botol. Jarak Botol sering digunakan sebagai tanaman hias berkat penampilannya yang cukup menarik, terlebih jika sudah berbunga. 

Secara morfologi Jarak Botol memiliki daun bertangkai yang panjangnya 20-30 cm, helai daun bangun perisai, bentuknya bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina dan bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, jika sudah tua akan meledak membuat biji tersebar. Hal ini membuat bibit jarak yang tumbuh berjauhan dengan tanaman induk.

Manfaat Jarak botol bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meredakan nyeri

2. Antiradang

3. Menghilangkan bengkak

4. Pembuang racun

5. Penurun panas

Pohon jarak botol ini dapat tumbuh di berbagai media tanam. Termasuk tanaman bandel juga, dapat tumbuh meski minim perawatan. Bunganya juga mekar sepanjang tahun

Pohon ini saya beli sebagai sumber nektar untuk kupu-kupu. Selain bentuknya yang bagus, bunganya disukai hewan polinator seperti kupu-kupu dan lebah. Selain itu, tanaman ini juga menjadi tanaman hadiah untuk sekolah-sekolah yang berkunjung ke taman kupu-kupu Sukardi.




No comments:

Post a Comment