Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, March 12, 2022

Belajar Mengenal Penyu Sisik di Taman Nasional Kepulaun Seribu

Halo teman-teman, Penyu merupakan organisme ikonik hidup di perairan laut. Hal tersebut dikarenakan hanya ada 7 spesies penyu yang ada di dunia. Penyu merupakan reptil laut seperti kura-kura yang mampu menjelajah dunia dengan ke empat sirip kakinya. Indonesia menjadi salah satu habitat bertelur 6 penyu dari 7 penyu yang ada di dunia. Hal tersebut karena perairan Indonesia menjadi rute perpindahan (migrasi) Penyu Laut di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia.

Nah tahukah kamu kalo dari seluruh spesies penyu, penyu sisik adalah satu-satunya spesies yang paling terikat dengan perairan tropis yang hangat. Jadi penyu jenis merupakan fauna yang dapat ditemui di perairan Indonesia. Sayangnya kini Penyu sisik adalah jenis penyu terancam punah.

Kali ini saya mengajak teman-teman untuk belajar penyu sisik di penangkaran konservasi penyu sisik di Taman Nasional Kepulauan Seribu, tepatnya di pulau Pramuka.

Liat videonya di bawah ini. 



Penyu Sisik menjadi langka karena banyak faktor. Namun mayoritas karena sering ditangkap dan diburu manusia, bahkan semenjak masih berupa telur. Telurnya sering diburu untuk dijadikan bahan makanan. Cangkangnya yang unik dan menarik  dijadikan bahan baku dalam industri kerajinan.  Ditambah lagi dengan perusakan terhadap habitat pesisir penyu, maupun yang tertangkap secara tidak sengaja oleh para nelayan, sehingga jumlah mereka telah menurun drastis hingga di ambang kepunahan.

Oh iya teman-teman, Di Indonesia, semua jenis penyu dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang berarti perdagangan penyu dalam keadaan hidup, mati maupun bagian tubuhnya dilarang. Menurut UU No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,  pelaku perdagangan (penjual dan pembeli) satwa dilindungi seperti penyu bisa dikenakan hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp100 juta. 

Wah ngeri yah hukumannya. Makanya kita jangan mengusik keberadaan penyu. Biar penyu sisik bisa hidup damai di lautan Indonesia. Cukup untuk dilihat dan dipelajari saja. Sampai jumpa.


No comments:

Post a Comment