Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Wednesday, November 3, 2021

Tulisan apa yang pertama kali dimuat di media?



Tulisan apa yang pertama kali dimuat di media? Jawaban saya adalah cerpen alias cerita pendek. Judul cerpen tersebut adalah "Kado Lebaran" dan dimuat di majalah Sabili saat itu saya masih duduk di bangku SMA Negeri 1 Mauk, yang kini berganti nama menjadi SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang.

Tulisan-tulisan awal saya yang dimuat di media massa memang cerpen. Seingat saya cerpen-cerpen itu selain dibuat di Sabili juga termuat di koran lokal Tangerang, yaitu koran Satelit News. Sayangnya tidak semua cerpen yang dimuat di media massa itu terdokumentasi dengan baik dalam bentuk cetak nya.

Dari cerpen kemudian tulisan-tulisan berkembang menjadi tulisan yang bukan bergenre sastra. Seperti opini, feature, dan tulisan-tulisan How to. Tulisan non cerpen ini lebih beragam lagi dimuatnya baik oleh media cetak seperti majalah Sabili, koran Satelit News dan koran Sindo. Sedangkan untuk media massa online seperti Tangerangnews.com Bantennews.co.id dan lain-lain.

Saya pernah membukukan kumpulan dari cerpen-cerpen yang pernah saya tulis. Judul bukunya "Kyai Anom di Pusaran Ratu Wanten Girang".  Gambar sampul bukunya yang dijadikan thumbnail tulisan ini. Saya juga mendokumentasikan cerpen cerpen yang pernah saya tulis ke blog pribadi saya, bisa cek di link berikut jika anda membacanya. http://www.ahmadyunussukardi.my.id/search/label/Cerpen

Jika ditanya cerpen apa yang paling berkesan? Mungkin cerpen "Pelajaran Bercerita" karena ini adalah cerpen yang mengeksplorasi keliaran imajinasi saya. Namun jika saya saat ini diminta untuk menulis cerpen, Jujur saja saya sih Nggak sanggup! Pertama karena sudah sangat lama tidak menulis cerpen. Kedua Saya mengakui kesulitan untuk menulis dengan nuansa sastra. Meskipun dulu saya sering bereksperimen dengan cerpen, tapi itu dulu sekali karena saat ini saya lebih sering menulis essay dan opini mengenai gagasan yang ada di kepala saya.

Menulis cerpen selain butuh inspirasi juga butuh mood. Tidak seperti menulis cerita bebas yang sedang anda baca saat ini.


Begitulah cerita hari kedua #30HariMenulisMaraton


No comments:

Post a Comment