Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, November 6, 2021

Sampah jadi tabungan



Betapa banyak dari kita yang memandang rendah sampah. Malahan membuang sampah sembarangan. Padahal Sampah jika dipilah dan dikelola dengan baik maka dia akan menghasilkan nilai ekonomi.

Perputaran uang dalam pengolahan sampah  ini, istilah terkenalnya adalah ekonomi sirkular. Ekonomi Sirkular merupakan pendekatan penerapan sistem ekonomi melingkar dengan memanfaatkan sampah untuk digunakan sebagai bahan baku industri. Sampah apabila dikelola dengan metode ini akan memberikan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang baik.

Sampah diolah menjadi bahan baku industri. Seperti sampah botol plastik yang dicacah dan dijadikan biji plastik lalu dipakai kembali menjadi botol plastik. Atau kemasan kaleng yang dilebur dan menjadi untuk dijadikan kaleng lagi. Sampah organik pun dapat diolah menjadi pupuk. Semua ada nilai tambahnya jika diolah dengan baik.

Kunci dari pengolahan sampah yang baik dimulai dari pemilahan sampah. Kondisi buruknya tata kelola sampah di Indonesia adalah ketidaksadaran masyarakatnya untuk memilah sampah. Sehingga semua sampah hanya berujung pada dua muara: dibakar atau menggunung di TPA.

Saat ini saya sedang mendorong masyarakat di sekitar saya tinggal untuk memilah sampah. Sampah hasil pilahan itu dapat disetorkan ke bank sampah Gintung Mesra yang saya kelola. Uangnya menjadi tabungan. Dari sampah inilah yang akan menjadi tabungan. 

Sekedar informasi, berikut adalah jenis sampah yang diterima di Bank Sampah Gintung Mesra:
1. Kardus 
2. Botol beling
3. HVS/ putihan
4. Buku tulis
5. LKS 
6. Aluminum
7. Besi
8. Tutup galon Aqua
9. Tutup galon isi ulang
10. Paralon
11. Kabel isi tak dikupas ( non antena)
12. Rongsok
13.Botol, Gelas mineral kotor
14. Botol mineral bersih
15.Gelas mineral bersih
16. Kuningan
17. Tembaga
18. Steel / Baja ringan
19. Kaleng
20. Emberan
21. Paku
22. Karpet talang 
23. Kipas angin rusak
24. Kantong semen  
25. Oli
26. Minyak Jelantah
25. Tutup botol krop
26. Duplek
27. Galon merk Aqua

Banyak bukan. Nah anda pun dapat berpartisipasi menabung sampah di tempat kami, khususnya orang desa Gintung. Daripada sampah dibuang begitu saja, lebih baik dipilah dan dijadikan tabungan. Bisa buat lebaran atau jika butuh uang dadakan, tinggal cairkan tabungan.

Demikianlah tulisan Hari kelima #30HariMenulisMarathon
Jika minat jadi nasabah tinggal DM saja yah.

No comments:

Post a Comment