Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, September 4, 2021

Mengenal tanaman Jambu Kristal (Psidium guajava l.)




Deskripsi Jambu Kristal

Jambu kristal (Psidium guajava) adalah varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia. Pohon jambu kristal ini dapat tumbuh dengan maksimum ketinggian yang bisa mencapai 2 meter.
Secara umum akar pada tanaman jambu kristal ini termasuk pada akar yang tunggang. Batang tanaman jambu kristal ini memiliki bentuk yang bulat seperti batang pada umumnya. Batang dari tanaman jambu kristal ini berkayu yang keras, bahkan tak mudah untuk patah dan juga ulet. Batang tanaman jambu kristal dapat bertumbuh secara tegak dan beranting. Tanaman jambu kristal memiliki daun yang berjenis daun tunggal dengan tekstur daun yang terlihat kaku. Bunga yang dimiliki oleh tanaman jambu kristal merupakan bunga yang sempurna, terdapat bunga yang berjenis kelamin jantan dan juga betina.
Buah Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya. Daging buahnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah.

Manfaat Jambu Kristal

  • Baik mencegah untuk sistem pencernaan
  • Sumber antioksidan
  • Mengobati dan Mencegah sariawan
  • Meredakan flu
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga sistem kerja dan kesehatan jantung

Habitat Jambu Kristal

Habitat jambu biasanya ada di tanah yang memiliki ketinggian 5 – 1000 meter di atas permukaan laut, baik di tanah yang datar maupun curam dengan membuat terasering. Tempat tumbuh pohon ini akan menghasilkan pertumbuhan yang maksimal jika memiliki tingkat keasaman (pH) 6 – 6,5.

Syarat Iklim Jambu Kristal

Iklim yang pas untuk pertumbuhan jambu kristal adalah tropis dan basah. Curah hujan optimal yang dibutuhkan tanaman ini berada di kisaran 2000 – 3000 mm per tahun, dengan suhu rata-rata antara 20 – 30o C.

Klasifikasi Ilmiah Jambu Kristal

Kerajaan : Plantae          
Divisi       :  Spermatophyta          
Kelas       :  Magnoliopsida
Ordo        : Myratales     
Famili       :  Myrtaceae
Genus       :  Psidium
Spesies     : Psidium guajava  L

 

No comments:

Post a Comment