Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Wednesday, August 4, 2021

Mengenal Tanaman Hias Maranta Bali


Deskripsi Maranta Bali

Calathea tumbuh dalam merupakan tanaman herbacepus menahun dengan batang lunak. Tunasnya berasal dari akar rimpang atau umbi yang terletak di bawah permukaan tanah. Calathea tumbuh dalam rumpun yang tidak terlalu rapat. Calathea memiliki tinggi tanaman antara 20 cm hingga 40 cm.

Calathea multicolor, di Indonesia disebut juga sebagai marataa Bali, calathea bendera atau calathea merah putih, merupakan salah satu kultivar dari genus Calathea yang memiliki daun- daun menarik dengan tiga jenis warna dalam satu tanaman. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang dinikmati keindahan daunnya. Di balik kecantikannya, Calathea rupanya kaya manfaat. Selain sebagai bunga hias, tanaman ini juga berkontribusi terhadap suplai udara bersih. Jadi, sangat cocok ditanam di kota-kota besar yang bising polusi.

Manfaat Maranta Bali

1. Tanaman Hias

2. Penyaring udara

3. Penyejuk ruangan 

Habitat Maranta Bali

Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanah yang cocok sebagai tempat hidup calathea multicolor adalah tanah gembur dan sedikit berpasir. Calathea tidak menyukai cahaya matahari yang terik. Cahaya matahari yang terik dapat mempengaruhi kualitas bunganya. Tanaman ini menyukai lingkungan yang sejuk dan sangat teduh.

Syarat Tumbuh Maranta Bali

Hampir semua jenis calathea yang cocok ditanam dalam pot, tak butuh banyak cahaya. Atau juga bisa hidup dengan cahaya buatan dalam rumah, terutama semi teduh. ia akan memiliki cukup cahaya untuk mewarnai daun dengan benar, dan terik matahari pagi tidak terlampau menyiksanya. Perlu diingat bahwa Calathea tidak menyukai angin dan perbedaan suhu yang tajam.  Jenis ini berkembang sangat baik di kelembaban udara dan suhu tinggi di kisaran 18-25 °C. Untuk hasil terbaik, daunnya harus disemprot setiap hari dengan air hangat

Klasifikasi Ilmiah Maranta Bali

Kerajaan: Plantae

Divisi:  Tracheophytes

Kelas:  Angiospermae

Ordo: Zingiberales

Famili: Marantaceae

Genus: Calathea G.Mey.

Spesies: Calathea sp. ‘Multicolor’


No comments:

Post a Comment