Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, February 27, 2021

Dibalik tampilan baru dan pangkalan data tanaman Taman Kupu-kupu Sukardi

Ada yang baru dari website Taman kupu-kupu sukardi! iya nama domain dan tamplate yang berubah drastis. Dahulu masih gratisan dengan nama tamankupusukardi.blogspot.com dengan tamplate dari sora tamplet didominasi warna gelap. Tercatat saya membuat weblog ini bulan Maret 2020. Bulan Februari ini berbenah. warna template berubah cerah dan nama domain sudah top level domain (TLD) di tamankupukupusukardi.my.id.


Perubahan ini dilandasi pergeseran fungsi sumber informasi. Sebagai tempat konservasi kupu-kupu dengan mengedepankan fungsi edukasi biologi, ketersediaan informasi tanaman dan tumbuhan yang ada menjadi vital. Awalnya kami mendesain pengunjung sebagai peneliti di alam liar, untuk identifikasi tanaman dan hewan menggunakan aplikasi yang familiar bagi peneliti. kami menyarankan aplikasi plantnet untuk identifikasi tanaman dan leps.fieldguide untuk identifikasi jenis kupu-kupu, namun dua aplikasi tersebut  masih asing di mata pengunjung. Malah pengunjung lebih banyak bertanya nama tanaman ketimbang menggunakan aplikasi, sehingga kurang berhasil seperti desain awalnya. 

Berkaca dari kejadian di lapangan, kami ingin menggeser penyediaan informasi menggunakan QR code. Nama tanaman dipasang di tanaman dan jika pengunjung ingin informasi lebih detail tentang informasi tanaman tersebut, pengunjung tinggal scan kode QR yang terdapat di nama tanaman. Kode QR berisi url ke situs yang berisi data tanaman mulai dari deskripsi, manfaat, klasifikasi ilmiah dan lain-lain. Tentu kami membutuhkan website yang representatif untuk kebutuhan ini.

Source: Harianjogja.com


Engine website sendiri tidak berubah, masih tetap blogspot. Hanya template dan nama domain yang berubah. Tamplate kami beralih ke produk lokal Tangerang, yaitu Dunia Blanter. Tampilan tamplete dipilih lebih clean dan cerah. Untuk domain kami memilih Exabytes, karena promonya dan ragam metode pembayarannya sih.

Pangkalan data Tanaman dan Hewan

Pengerjaan pangkalan data tanaman sudah dilakukan mulai tanggal 14 Februari sampai 25 Februari. Setidaknya ada lebih dari 40 tanaman terdata. Kami membagi tanaman ke dalam tiga fungsi yaitu tanaman nektar, tanaman inang, dan tanaman pendukung. Informasi tanaman sendiri terdiri atas Deskripsi singkat, Manfaat tanaman, Habitat, Syarat Iklim, Fungsi, Katagori (Annual, Bianeal, Paraneal), dan Klasifikasi Ilmiah. 

Dalam pengerjaan pangkalan data ini, saya sendiri baru tahu bahwa berbagai jenis tanaman yang ditanam dalam taman itu memiliki manfaat kesehatan. Anda dapat menelusur kahsiat tanaman berdasarkan nama penyakit. Nanti akan kluar tanaman yang memiliki khasiat mengobati penyakit tersebut. 

Panggalan data untuk hawan terdiri atas dua katagori, yaitu kupu-kupu itu sendiri dan hewan pradator bagi kupu-kupu. Data dari hewan ini masih dalam tahap pengerjaan. Untuk informasinya sendiri terdiri atas Deskripsi singkat, Manfaat, Habitat, Cara Berkembang biak, Jenis Makanan, Katagori, dan Klasifikasi Ilmiah.

---

Demikianlah cerita sabtu ini, semoga bermanfaat.

1 comment: