Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Sunday, February 7, 2021

Bunga Telang, si biru cantik untuk hiasan pagar

Kembang atau bunga telang adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang atau ungu. 



Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Habitat bunga telang adalah tumbuhan tropika dataran rendah lembab dan agak lembab. Bunga telang dapat beradaptasi dengan baik pada kisaran tanah berpasir maupun tanah liat, tahan terhadap kekeringan, salinitas dan mampu berkompetisi dengan baik terhadap gulma.

Bunga telang memiliki nama latin Clitoria ternatea, pada beberapa tempat bunga tersebut memiliki beberapa nama khas diantaranya yaitu bunga biru (melayu), kembang teleng (jawa), bunga talang (makasar), temen raleng (bugis), bisi (halmahera) dan sajamagulele (ternate). 

Cara Budidaya bunga Telang

Bunga telang berkembang biak lewat biji. Cara menanam bunga telang dapat dilakukan dengan metode termudah, yaitu dengan menabur biji. Biji disemai atau langsung disebar ke lahan yang akan digunakan untuk pertanaman bunga telang. Selain langsung ke tanah, dewasa ini banyak juga yang menggunakan polybag sebagai  media penyemaian bunga telang.

Dalam proses pertumbuhan ini sebaiknya menjaga tanah agar jangan sampai kekeringan. Sekitar 5 hari kemudian akan muncul perkecambahan. Bunga telang ini cepat sekali tumbuh, asalkan rajin untuk menyiraminya.

Untuk budidaya lebih lanjut, bibit bunga telang dapat dipindahkan ke tanah. Beri penyangga seperti pagar untuk rambatannya. Tanaman yang dalam bahasa inggris disebut Butterfly pea ini menyukai sinar matahari langsung. 

Kandungan Gizi Bunga Telang

Dikutip dari Situs Prodi Gizi Unida Bunga telang memiliki beberapa kandungan gizi fitokimia yang dapat memiliki manfaat bagi kesehatan selain itu bunga telang juga dapat dijadikan sebagai pewarna alami bagi makanan. Warna ungu pada bunga telang berasal dari pigmen antosianin. Senyawa antosianin banyak terkandung di bunga telang yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi dibandingkan dengan antosianin dari ekstrak bunga yang lain. 

Manfaat Bunga telang

Berikut adalah manfaat bunga telang bagi kesehatan seperti yang dikutip dari Situs Prodi Gizi Unida :

  1. Menstabilkan kadar gula darah bagi penderita diabetes milletus
  2. Menurunkan kadar kolestrol
  3. Sebagai agen antiinflamasi
  4. Menjaga Kesehatan Sel tubuh

Warna alamai bunga telang dapat di tambahkan pada bebarap jenis makanan sebagai alternative penggunaan pewarna makanan sintetik. Selain mempercantik makanan dan menambah nafsu makan, penambahan bunga telang dapat menambah kandungan zat gizi pada olahan makanan tersebut terutama kandungan antioksidan berupa flavonoid dan antosianin. Konsumsi antioksidan dari makanan memberikan efek yaitu menangkal radikal bebas yang didalam tubuh.

Jual bibit bunga Telang

Untuk kamu yang butuh bibit bunga telang, kamu bisa beli lewat market place. Silahkan klik gambar marketplace favorit kamu:


 


1 comment:

  1. artikel yang bagus gmin , kutunggu artikel lainnya
    jgn lupa kungj8ungi juga Website ku : NAGAQQ

    ReplyDelete