Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Wednesday, January 13, 2021

Tanaman Herbal Kumis Kucing, si peluruh batu ginjal

 

Tanaman Kumis kucing (Orthosiphon aristatus ) termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit Disebut sebagai kumis kucing karena tanaman ini memiliki 'kumis' atau benang sari yang memanjang keluar dari bunga.

Perawatan tanaman ini cukup mudah, karena tumbuh liar di alam, cukup penyiraman sekali sehari dan pemupukan sebulan sekali. 



Syarat Iklim untuk tamanan Kumis Kucing 

1) Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari 3.000 mm/tahun.

2) Dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi. Naungan akan menurunkan kadar ekstrak daun.

3) Keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah panas sampai sedang.

Media Tanam yang baik untuk tanaman Kumis Kucing 

1) Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh di lahan-lahan pertanian, untuk produksi sebaiknya dipilih tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humus/bahan organik dengan tata air dan udara yang baik.

2) Tanah Andosol dan Latosol sangat baik untuk budidaya kumis kucing.

Pembiakan kumis kucing dapat dilakukan dengan cara merunduk.



Manfaat Tanaman Kumis kucing  bagi kesehatan

Kandungan nurtisi tanaman  kumis kucing antara lain mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Tidak semua bagian tanaman kumis kucing dapat digunakan menjadi obat, hanya bagian daunnya saja yang digunakan sebagai obat herbal. 

Adapun penyakit yang bisa diobati menggunakan tanaman kumis kucing adalah sebagai berikut:

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Pulau Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

3. Atasi Rematik

Cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat rematik cukup mudah. Langkah pertama, siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah itu, tuggu sampai dingin dan siap untuk diminum. Dosis yang dianjurkan adalah minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

4. Meredakan Batuk

Ternyata khasiat kumis kucing sangat banyak, salah satunya adalah dapat meredakan batuk. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuknya adalah dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

5. Mengobati Gusi Bengkak

Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatas dengan berkumur. Sehingga kalau ingin redakan gusi bengkak bisa lebih memudahkan atasi gusi bengkak.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seseorang dengan diabetes bisa mendapatkan khasiat kumis kucing. Kandungan kumis kucing bisa bermanfaat dan terbukti dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

8. Mengurangi Gatal Karena Alergi

Ketika tubuh gatal-gatal karena alergi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan konsumsi kumis kucing. 

9. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. 

10. Anti Jamur

Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.


---

Kami menjual bibit tanaman kumis kucing dengan harga bersaing. Kalo tertarik silahkan kunjungi toko Mokla Nuansa Persada di marketplace kesayangan anda. Harga bibit kumis kucing sangat bersaing mulai dari Rp. 2000/tanaman. 

Beli bibit tanaman kumis kucing sila klik gambar berikut:




No comments:

Post a Comment