Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Saturday, January 9, 2021

Staycation di Taman Kupu-kupu



Pandemi covid 19 yang menyebabkan perekonomian merosot, berimbas juga pada sektor pariwisata. Turunnya pendapatan yang membuat banyak orang harus berpikir dua kali untuk berlibur jarak jauh atau ke luar negeri. Terlebih lagi ribetnya urusan administrasi untuk keluar daerah atau keluar negeri di kala pandemi.

Pariwisata saat ini bergeser ke arah staycation. Dalam Cambridge Dictionary, staycation diartikan sebagai liburan yang dilakukan di rumah atau masih dekat dengan rumah, dibandingkan dengan liburan ke tempat yang jauh.  Liburan ini tidak harus menetap dalam rumah, tetapi juga termasuk berjalan-jalan di sekitar area tempat tinggal.

Staycation menjadi pilihan yang realistis saat ini. Orang-orang ingin tetap liburan dan berpetualang, tapi tidak keluar banyak budget.

Khusus warga Tangerang, salah satu lokasi wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk staycation. Yaitu Taman kupu-kupu Sukardi. Taman Kupu-kupu Sukardi sendiri merupakan taman penangkaran kupu-kupu yang terbuka untuk umum sebagai tempat ekowisata.

Di taman ini Kita bisa belajar mengenai daur hidup kehidupan kupu-kupu, atau yang lebih familiar kita dengar sebagai metamorfosis kupu-kupu. Mulai dari telur, ulat, kepompong, sampai menjadi kupu-kupu. Sangat cocok untuk keluarga. 

Bangunan penangkaran kupu-kupu terdiri dari dua bangunan utama, yaitu ruang Kepompong Dan taman penangkaran, kedua ruangan ini dihubungkan dengan lorong. Pada ruang Kepompong kita bisa melihat ulat dan kepompong kupu-kupu yang disimpan pada toples, selain itu di ruangan ini juga terdapat panel informasi mengenai kupu-kupu. Bangunan kedua adalah taman penangkaran tempat kupu-kupu terbang bebas dan hinggap di tanaman bunga, ada puluhan jenis tanaman yang tumbuh di taman ini, bagian belakang berisi pohon-pohon inang kupu-kupu, bagian belakang ini kita bisa melihat kupu-kupu bertelur dan ulat.

Jadi buat kamu-kamu yang masih bingung atau belum menentukan pilihan mau kemana liburan tahun baru ini, kamu bisa mampir ke taman kupu-kupu ini mumpung masih gratis sampai bulan Januari.

No comments:

Post a Comment