Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Wednesday, January 27, 2021

Ruellia ungu, tanaman hias yang bandel dan mudah perawatan

Kalo anda ingin punya tanaman hias untuk pagar anda, dan anda malas ribet, maka tanaman Ruellia ungu bisa anda jadikan pilihan. Tanaman ini adalah tanaman yang tidak rewel, cukup tanam dan siram sampai tumbuh baik. Selain itu anda juga akan dapat bonus kunjungan dari kupu-kupu, karena bunga Ruellia ungu ini adalah bunga penarik kupu-kupu.

Ruellia ungu atau kadang disebut juga Rowlia Ungu  (Ruellia simplex) adalah salah satu tanaman berbunga ungu, merah jambu atau biru (ada juga yang berwarna putih) yang berasal dari keluarga Acanthaceae. Tanaman ruellia ini berasal dari Meksiko, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan. Meski demikian, Ruellia ungu di Indonesia dapat tumbuh dengan subur.

Tanaman yang dalam bahasa Indonesia ini disebut juga kencana ungu merupakan tanaman hias yang banyak ditanaman pada taman-taman tepi jalan. Ruellia ungu juga bermanfaat sebagai tanaman obat dan sebagai penutup tanah menyerupai rumput berbunga. perbanyakan tanaman ini cukup mudah,  bisa dari biji maupun stek batang. 

Ruellia Ungu merupakan jenis tanaman perennial hijau abadi yang dapat tumbuh tinggi sampai 91 cm. Tangkai-tangkai bunga berkumpul membentuk rangkaian dengan daun-daun berbentuk lanset. Daun-daun ini berukuran panjang 15-30 cm dan lebar 1,3-1,9 cm. Bunga ruellia ungu ini berbentuk terompet, berwarna biru metalik hingga ungu, memiliki petal berjumlah 5 dengan diameter bunga berukuran 7,6 cm. Bunga hanya bertahan satu hari, jika pagi mekar, sore harinya bunga akan gugur.

Tanaman Ruellia ini cocok sebagai tanaman hias dalam pot, atau tanaman pembatas. Si bunga ungu ini berbunga mulai dari musim semi hingga musim dingin. Tanaman ini membutuhkan iklim yang hangat dengan tanah yang berdrainase baik.

Kondisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan ruellia ungu ini adalah tanah dengan kelembaban menengah hingga kelembaban tinggi. 

No comments:

Post a Comment