Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Wednesday, January 20, 2021

Bunga Tasbih, si Pembatas yang cantik



Bunga tasbih adalah tanaman yang tergolong tanaman luar dengan nama latin Canna lily. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang mempesona.  Sebagai tanaman hias dia sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pembatas pagar, mirip seperti pohon pisang-pisangan.

Disebut bunga tasbih karena biji pohon ini berbentuk bulat dan banyak dimanfaatkan untuk membuat tasbih. Tasbih yang terbuat dari tanaman ini, merupakan tasbihan ramah lingkungan dibandingkan dengan tasbih yang diambil dari batang pohon, terutama pohon bakau yang ditebang secara liar.

Bunga kana atau bunga tasbih berasal dari daerah tropis benua Amerika. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini tumbuh besar, tegak, dengan tinggi mencapai dua meter. Tanaman ini memiliki rimpang tebal menyerupai ubi. Daunnya besar dan lebar, menyirip jelas. Warnanya hijau atau merah tengguli. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan. Kebetulan  bunga tasbih yang Nusfarm jual adalah bunga tasbih berwarna kuning.

Untuk memperbanyak bunga tasbih bisa dengan cara menanamnya dari biji. Cara lain yang paling tepat untuk memperbanyak bunga tasbih adalah dengan cara  mencabut gerombolan bunga tasbih (mereka tumbuhnya suka bergerombol), kemudian pisahkan bonggolnya dan bisa langsung tanam ditempat yang baru. Biasanya rendam dulu dua atau tiga hari di ember yang diisi air hingga mencapai batasan di atas umbinya (rhizomes), baru dipindahkan. 

Bunga tasbih menyukai sinar matahari dan tanah yang lembap kearah basah. Bunga ini juga cukup mudah, penting adalah penyiraman yang cukup karena menyukai tanah lembab karena basah. Untuk pemupukan bisa dipupuk setiap 1 bulan sekali.



---

Kami jual bibit cana indica (bunga tasbih), jika tertarik silahkan Beli Tanaman hias Bunga Tasbih di toko Mokla Nuansa Persada dengan harga murah meriah harga mulai dari Rp 8.000/batang. Silahkan pilih marketplace kesukaan anda.




No comments:

Post a Comment