Catatan Ahmad Yunus Sukardi

Blog untuk menampung catatan cerita, mimpi, dan semua hal yang ingin Ahmad Yunus bagikan lewat tulisan.

Friday, July 20, 2018

Dokumentasi company profile menggunakan blogspot (Template Portofolio Jasa)



Kali ini kita akan bereksprimen membuat home page blog yang manarik mata dan terlihat pfosesional bagi penyedia jasa usaha seperti fotografi dan sebagainya. Jadi ceritanya adalah membuat hompage mewah, tapi gratisan. Ini cocok bagi pelaku ukm yang ingin go online.

Bagi anda yang ragu buat gunain blog sebagai tempat jualan, silahkan cek tulisan ini http://catatankakisenja.blogspot.com/2017/03/kenapa-tidak-pakai-blog-buat-jualan.html

Balik lagi ke fokus kita, maka ada beberapa Hal yang perlu disiapkan adalah:
- akun blogspot
- foto-foto personil dan foto-foto pendukung (seperti foto produk dan lain-lain).
- informasi terkait perusahaan
Kumpulkan file-file ini dalam satu folder khusus agar memudahkan saat mengupload ke blogspot.


Langkah pertama membuat

Membuat alamat blogspot. Buat anda yang belum pernah buat blog di blogspot, silahkan lihat tulisan ini http://catatankakisenja.blogspot.com/2017/04/menggunakan-blogspot-untuk-jualan.html.

Nama yang akan digunakan sebaiknya yang terkait langsung dengan nama perusahaan. Pada project kali ini saya menggunakan alamat https://dotfototangerang.blogspot.com/ untuk alamat dari DOT Net, sebuah penyedia jasa fotografi di Tangerang.

Setelah dibuat, buatlah posting yang mengupload semua foto yang akan digunakan dalam landing page, seperti background awal dan foto anggota team.

Langkah kedua mendownload Thema Company Profil
Langkah selanjutnya adalah mendownload thema company profil agar tampilan blog mirip dengan website company profil. Ada beragam thema yang tersedia dari berbagai penyedia template blogspot di internet, silahkan cari dan gunakan yang sesuai dengan selera anda.

Di project ini yang digunakan adalah fenix portofolio dari Sora Templates. Link download di sini  https://www.soratemplates.com/2017/06/fenix-portfolio-blogger-templates.html. Download template dan pindahkan ke folder khusus yang sudah dibuat di awal.


Jika sudah berhasil di dowload, file berformat rar/Zip itu kita ekstrak dulu agar keluar file xml-nya.


Upload file tamplates.

Langkah ke lima adalah mengupload tamplete. Jika sudah diekstrak, maka kita tinggal upload ke blogspot yang sudah kita buat. Tingal pilih theme.
 

Pilih Backup/Pulihkan di kanan atas. Lalu upload file xml hasil ekstrak template yang sudah didownload.

 
Jika sudah diupload, untuk pilihan seluler di nonaktifkan saja. agar tamplet ini bisa juga dilihat dari perangkat seluler. 

 

Jika sudah selesai mengupload templete, maka kita akan mengubah bagian-bagian informasinya.

Untuk proses ini cukup rumit karena harus meihat script kode tampletnya. Nah untuk memudahkan pengguna dari template ini, sang penyedia sudah membuat artikel tentang cara mengkustomisasi bagian-bagian dari tema ini yang dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita. Link nya bsia liha di sini; https://www.sorabloggingtips.com/2017/06/how-to-setup-fenix-portfolio-blogger-template.html silahkan ikuti tutorial dari halaman tersebut. 

Untuk sumber icon, silahkan kunjungi situs berikut: https://fontawesome.com/cheatsheet?from=io



1 comment: